BAB: HARAM MEMAKAI CINCIN EMAS DAN SUTRA BAGI LAKI-LAKI

1342.  Ali r.a. berkata: Nabi saw.memberiku hadiah kain dari sutra, lalu aku memakainya, tiba-tiba aku melihat kemarahan di wajah Nabi saw., lalu  aku bagi-bagikan kepada istriku.  (Bukhari, Muslim)

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
أَهْدَى إِلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُلَّةَ سِيَرَاءَ فَلَبِسْتُهَا فَرَأَيْتُ الْغَضَبَ فِي وَجْهِهِ فَشَقَقْتُهَا بَيْنَ نِسَائِي

 

Diterbitkan oleh

raksadipa

Just Nobody who search Ridho Allah

28 tanggapan untuk “BAB: HARAM MEMAKAI CINCIN EMAS DAN SUTRA BAGI LAKI-LAKI”

  1. memang untuk sutera dan emas hanya bagi wanita, setuju atau tidak hukum harus ditegakkan, yang haram tetap haram, yang halal pun jelas nyatanya sebagaimana hadits “alhalalu bayyinun wal haromu bayyinun” kalo ragu tinggalkan “da’ ma yaribuka ila ma la yaribuk”

  2. kain sutra dan cincin hanya bagi perhisan wanita-wanita,,’ dengannya mereka bisa berias diri memperlihatkan keindahan bagi para suaminya..’guna menjadi waniita terhormat luhur kedudukanya

  3. assalam muallaikum kalo emas dan sutera haram bagi kaum lelaki kenapa rasulullah memeberikan hadiah itu kepada ali tolong di perjelaskan maksud hadith ini terimakasih nanyak sebelumnya

  4. Tapi kaum pria jangan bersedih hati, menurut kabarnya, kelak di dalam surga, para pria penghuni surga akan mengenakan pakaian sutra dan perhiasan emas lebih banyak dan lebih mewah daripada yang dikenakan wanita penghuni surga. Aamiin.

  5. Kamar mandi dirumah lgsg ada WC nya.gmna klau kt berwudhu atau mandi wajib didlm kmar mandi itu bleh ga?katanya gak bleh klau kt nyebut hasma Allah didlm WC.tp itu kmar mandi+WC.

    1. Yanti jay : menurut aku orang awam, niat itu tak mesti dengan lidah/bersuara. tapi niat itu di dalam hati, jadi dimanapun kita berada mengingat Allah itu wajib, memang ada larangan jangan menyebut asma Allah di dalam WC/kamarmandi, maksudnya jangan di ucapkan dengan lidah/suara ketika di WC/kamarmandi cukup berniat di dalam hati. Allahua’lam…

  6. Assalamualaikum, saya melihat orang laki-laki di Aceh umumnya memakai cincin dari suasa, bagaimana hukumnya itu, apakah dibolehkan…?

  7. kamar mandi langsung ada WC nya,sebernarnya boleh2 ja
    tapi kita harus menjaga k’sucian badan,pakaian
    ya gak boleh lah kita nyebut asma ALLah di dalam kamar mandi / Wc, karena tempat itu di huni ma syetan

    1. Cincin kawin itu sepertinya budaya Barat deh… di Islam gak ada yang namanya tuker cincin setelah akad nikah. Juga gak ada yang namanya cincin tunangan.

      semoga cukup menjelaskan.

Tinggalkan komentar