BAB: ORANG YANG TERAKHIR KELUAR DARI NERAKA

117. Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata:  Nabi SAW. bersabda:  Sungguh aku mengetahui orang-orang yang terakhir keluar dari neraka dan terakhir masuk surga. Ialah seorang yang keluar dari neraka sambil merangkak-rangkak, lalu diperintah oleh Allah:  Masuklah ke surga, maka ia segera pergi ke surga, tetapi terbayang padanya surga telah penuh, maka ia kembali dan berkata:  Ya Tuhan aku dapatkan sudah penuh.  Lalu diperintah lagi: Pergilah masuk surga.  Kemudian ia kembali berkata: Ya Tuhan, aku dapatkan surga sudah penuh, kemudian diperintah: Pergilah masuk surga, maka di sana untukmu seluas dunia sepuluh kali, atau, untukmu seluas dunia dan sepuluh kalinya,  maka ia berkata: Engkau mengejek dan mentertawakan aku sedang Engkau raja yang berkuasa.

Sungguh aku telah melihat Rasulullah saw. tertawa ketika menerangkan hadits ini sehingga terlihat gigi gerahamnya.  Dan itu serendah-rendah tingkat ahli surga.  (Bukhari, Muslim).

Diterbitkan oleh

raksadipa

Just Nobody who search Ridho Allah

25 tanggapan untuk “BAB: ORANG YANG TERAKHIR KELUAR DARI NERAKA”

  1. kalau dlm alquran bila seseorang msk surga kekal selama lamanya dan bila masuk neraka juga kekal dineraka selama lamanya; terus hadis yg anda tulis kok kelihatanya tdk sesuai dengan ALQURAN ?

    1. 57. اللّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُواْ يُخْرِجُهُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوُرِ وَالَّذِينَ كَفَرُواْ أَوْلِيَآؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُم مِّنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ أُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya…

      Dalam aayat di atas sudah jelas bahwa yang kekeal dalam neraka ialah Orang2 kafir…

  2. sunguh hina kehidupan orang ini sewaktu di dunia, amalan apa yang menebab kan orang ini sehingga di ijinkan ALLAH SWT masuk syorga.

  3. Ada yang berpendapat bahwa mereka yang masuk surga ataupun neraka, mereka kekal di dalamnya? Apa benar pendapat ini? Dan bagaimana yang sebenarnya menurut Al Quran dan Hadits?

    1. Assalamualaikum..
      Menurut sepengetahuan saya.. org yg kekal d.dlm neraka ialah yang kafir dan musrik,, sedangkan seorang muslim yang masuk neraka hanyalah utk menebus dosa2nya_ setelah dosanya terbayar dengan siksa neraka ia pun akan masuk surga_

  4. subhannalah betapa besar rahmat yng tlah engkol berikan keapada orng tsb….rasa kasih sayangmu ya rabb mengalhkan murakmu kepada kami…..ya allah berikanlah kami rahmatmu sebagimana engkau telah memberikan rahmat kepada orang” sebelum kami amin…….

  5. Alangkah bahagianya meskipun menjadi orang yg terakhir, tanda bahwa Rahmat Alloh tidak pernah putus kpd kita meski kita selalu dzolim kepada Alloh ….. Subhanalloh …

  6. alhamdulillah……meskipun dia terakhir masuk syurga,tapi dia termasuk orang2 yg beruntung,bisa masuk syurganya ALLAH SWT……..YA ALLAH jadikanlah hamba2-MU ini sebagai ahli syurga…..

  7. maka dari itu,jgn pernah berani utk meninggalkan Sholat wajib yang 5 waktu.Taat kpd Allah dan RasulNYa artinya menjalankan perintahNYa dan meninggalkan apa yg dilarangNYa,semua dilakukan dengan ihlash semata mata hanya mengharap Ridlo Allah SWT.Pasti Allah Ridlo…

Tinggalkan komentar