BAB: ALLAH MEMAAFKAN SUARA HATI SELAMA BELUM DIBICARAKAN ATAU DILAKSANAKAN

79. Abu Hurairah r.a. berkata:  Nabi saw. bersabda:  Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku, apa-apa yang masih tergerak dalam hati selama belum dibicarakan atau dilaksanakan (dikerjakan). (Bukhari, Muslim)

Diterbitkan oleh

raksadipa

Just Nobody who search Ridho Allah

34 tanggapan untuk “BAB: ALLAH MEMAAFKAN SUARA HATI SELAMA BELUM DIBICARAKAN ATAU DILAKSANAKAN”

  1. gini saya punya penyakit hati (bagai mana bila hati kita selalu cakap yg tidak diinginkan keinginan kita yg sebenarnya tetapi hati kita selalu berkata-kata kotor sampai saya tak bisa tidur memikirkan dosa yang saya perbuat pada allah dan rosulnya…saya sudah berusaha melawan hati saya dan saya senantiasa berdoa memohon ampun pada allah karena hati saya ini yang saya tidak inginkan……
    contoh : ketika saya lewat didepan kedai tuak atau di tv saya melihat mereka minum saya merasakan seperti minum…padahal saya tidak menginginkannya.
    tolong balasannya (kirim ya ke e-mail saya)

  2. begini dalam diri saya selalu berkata-kata yg tidak saya sukai seperti bercakap yg tidak sepantasnya pada allah padahal saya tidak menginginkannya atau saya sering salah kata dalam pengucapan pujian pada allah…saya takut akan adzabnya dihari kiamat lillahi ta’ala saya benar-benar tidak mau mengucapkannya…..demi kebenaran muhammad..tolong beri tahu saya jawabannya.

    1. Bener tuh… kayaknya bisikan hati yang “culas” / “berprasangka” buruk selalu ada / dalam diri manusia. Tapi setiap kali itu muncul dalam bathinku aku selalu mohon perlindungan serta mohon ampun kepada Allah Swt dan meyakini bahwa itulah “bisikan” iblis/ setan yang terkutuk !

      1. terima kasih ya atas jawabannya….semoga Allah merahmatimu….semoga orang-orang mukmin ditutup jalan keburukannya dan dibuka jalan kebenaran sejauh timur dan barat.

    2. semoga bisa membantu,sy jg pernah kaya gitu mas,malah sampai nangis mau menghikangkan kata2 kotor dlm hati,insyaalloh itu bisikan syetan sbg cobaan kalu anda mampu menahannya,kalu direnungkan,semua cobaan berasal dri alloh,trus kenapa alloh memberi cobaan seperti itu membiarkan syetan membisikkan kata2 kotor dihati kita,berkhusnudzonlah baca alhamdulillah sbanyak banyaknya,karena alloh menyanyangi kita dg memberi cobaan itu.langkah ke 2 yaitu hati kita buat tersenyum,anggaplah hati kita punya bibir,maksud tersenyum kita remehkan bisikan syetan itu,hati kita bilang”kau tidak akan mampu menggodaku hai syetan{berkatalah bgitu smbil tersenyum hati kita},alhamdulillah berkat pertolongan alloh berhasil ikhtiar tadi mas

      1. Saya mau bertanya saya selalu menghina allah(sudah terucap) berkali kali tetapi hati saya sangat membencinya ketika mengeluarkan kata2 itu bahkan saya sampai memukul mulut saya sendiri ketika mengatakannya apakah say berdosa saya takut sekali:'(

    3. Assalaamu’alaikum.. saya mau tanya, Sungguh saya sangat sangat membutuhkan jawabannya… saya benar2 butuh.. jadi ketika saya sedang beribadah(contoh: sholat) saya langsung ada sugesti untuk menghina Allah.. lebih lagi menghinanya dgn kata2 yg kotor sekali.. pikiran itu sangat sering muncul di diri saya ketika sholat, demi Allah, saya membenci fikiran2 itu.. saya ingin sekali menghilangkannya, namun terasa sulit.. sampai setelah berpikir seperti itu, saya menampari wajah saya sendiri, saya mengata-ngatai diri saya sendiri.. sampai saya merasa saya lebih baik mati daripada terus berada di kondisi seperti ini.. saya sangat butuh jawaban untuk masalah ini… terkadang, saya suka mengulang sholat saya karena merasa sholat dgn menghina Allah seperti itu tidak sah.. tapi, fikiran itu muncul lagi di sholat saya yang kedua.. saya takut ibadah saya selama ini tidak diterima.. apa ada yg dapat menjawabnya? Sungguh, saya sangat berterimakasih untuk yg dapat menjawabnyaa.

  3. berpikir dan pelajari setiap amalan yg akan dikerjakan,janganlah mendahulukan pikiran karena setiap pikiran manusia itu sifatnya terbatas.

  4. ya ampyuuun aq banget deh tuh.hehehe….kalo lagi kesel sama orang ngomelnya dalam hati…..tp ya segitu aja, ga pernah sampai ke ungkap ke mulut.

  5. apa menurut saudara, ketika kita sudah terbiasa berbicara agak kasar padahal itu hanya ucapan saja tidak ada meksud lain. adakah hadis yang membahas tentang itu…maaf sebelumnya.

  6. Subhanallah, Walhamdulillah, Walaaillaha Ilallaah, Allahu Akbar, Laa haula walakuwata ila billahi ‘aliyul ‘adziim.

    Maha suci Allah, Dan Segala puji hanya untuk Allah, Dan Tiada Tuhan kecuali Allah, Allah Mahabesar, Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah yang Mahatinggi dan Mahaagung

    1. Amin
      semoga semua penyakit hati dihilangkan dalam diri kita semua.
      dan ketika akan keluar rumah usahakanlah untuk selalu membaca Alfatiha dan Ayat Kursi.
      Insya Allah kita akan selalu dilindungiNya.
      Amin.

  7. assalamualaikum………….wr…wb………..gimana caranya menjalankan solat daim .sebap hati saya bimbang karna keseimbangan antara roh dan raga.?

  8. assalamu’alaikum ustd saya mau tanya gmn kl secara tiba2 tindakan secara reflek kita menolong orng ygsedang keadaan celaka dijln…tp sblmnya ga niat ….apakh itu tercatat dlm amalan baik..apakh allah mmberikan ganjaran pahala yg setimpal atas kebaikan kita??

  9. yaa rahmaan yaa rahiim yaaghofaar yaa fataah segala puji bg allah yg telah memberikan rezeki yang tiada bandingnya berupa iman dn islam.dosa yg sudah di perbuat aja klo ber tobat allah maaf kan apa lagi yang tidk d prbuat .tentu kita pun harus minta ke pd allah perlindungan atas dosa dosa bangsa hati.kebaikan yang dilakukan di sengaja atau tidak di sengaja asal ikhlas pasti mndptkan ganjaran.

  10. klo kita hati kita berkata ingin di puji,,tetapi itu bukan kehendak hati kita sebenarnya itu bagaimana ??
    apa disebut riya??

    mohon jawabannya…

  11. klo hati kita berkata mengharap di puji orang,,tetapi itu bukan kehendak hati kita yang sebenarnya..itu bagaimana??

    apa itu di sebut riya??

    mohon balasannya
    sukron

    1. mas wisnu,maksudnya gmana,hati merupakan tolak ukur mas dalam alloh menilai perbuatan kita,kalau hati ingin dipuji sesama manusia insyaalloh namanya riya,trus kehendak hati mas wisnu yg sbenarnya gmana??

    2. hati adalah tolak ukur dalam menilai sebuah perbuatan,kalu ikhlas karena aaloh,insyalloh tidak riya,tapi kalau ingin dipuji sesama,insyaalloh dah termasuk riya

  12. Assalammualaikum wr.wb.
    sya dl adlh org yg jauh dr sholat,dan g tau bnyak ttg agma Allah,dan skrg sy berusha wt nggalin smua yg pernh sy lkukan dan mcba mjdi org yg lbh baik lgi..
    sy btuh bntuan,saran anda wat sy agr sya bs lbh baik lgi..
    dan kr2 apkh Allah mnerima tobat sy ats ap yg prnh sy lkukan?

      1. allah maha pengampun lg maha bijaksana, tiada hal yang tidak mungkin baginya, menjadi orang baik memang sulit bertobat juga susah tapi ingat semakin sulit cobaan seseorang semakin sering allah memperhatikan ia, saran saya sholatlah kamu lima waktu berjamaah kemesjid setiap waktu. selesai sholat beristighfarlah sebaik-baik istghfar. tariklah nafasmu dalam-dalam ucapkanlah istigfar itu dengan setulus hatimu sebanyak-banyaknya. semoga allah selalu menunjukkan jalan yang lurus (amin)

  13. assalammualaikum wr.wb.
    bantu saya mas !!! saya orang nya selalu cemas akan setiap masalah yang saya hadapi….,, saya merasa dalam diri saya sudah terlalu bnyak berbuat dosa..,, apakah allah mau memaafkan saya…..,, setiap saya memikirkan hal itu hati saya selalu pesimis dan takut klu allah akan menjauhkan saya !!!
    apa yang harus saya lakukan mas …!!! apakah sudah terlalu bnyak bisikan setan dalam diri saya !!!

  14. yakinlah akan firman alloh mas,bahwa alloh akan memaafkan semua dosa sal hambanya mau bertobat sungguh2,secara logika ya mas,kalou alloh tidak akan memaafkan mas kenapa alloh masih memberikan perasaan berdosa dan bersalah,itu anugerah mas,berarti hati mas belum mati,karena hati yg mati tidak akn merasakan berdosa apabila mlakukan dosa,malah ada seorang ulama terkenal berkata perbuatan dosayang membuat pelakunya merasa rendah diri dan hina itu lebih baik dari pada perbuatan taatyg menimbulkan kesombongan{merasa diri baik},jadi optimislah bahwa alloh akn memngampuni semua dosa2 mas asal betul2 bertobat

      1. terima kasih simpati nya … saya benar-benar bingung…. stres yang berat membuta kan mata hati saya…,, dan sekarang saya akan benar2 ingat ke pada allah SWT dan mempertebal iman saya..

  15. puji syukur keadirat Alloh,hati mas sudah mulai terbuka,itu jga atas kehendak Alloh dan pertanda Alloh masih menyayangi mas,banyak orang lupa untuk mensyukuri bahwa anugrah terbesar dari alloh yaitu islam dan iman,saya berkata begini karena sy skrg ini hidup berdampingan dg orang kafir,sangat2 berterima kasih saya hidup dalam islam,walaupun belum mampu bertaqwa semaksimal mungkin,tetapi sy akan berusaha seperti tekad mas rendy,semoga kita selalu dalam lindunganNya dalam mencapai ridhonya,amin.

  16. Bgaimana mncegah bsikan dr setan/iblis.apkah bisa d bentengin?biar gk bsik2.soalnya mengganggu banget.aplgi buat konsentrasi. Stu lg nih.apkh cr org yg ada ibls to mhlk gaib lain di dlm drinya yg prlu d ruqyah. Nuhun…

  17. Aslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya ingin bertanya kepada kita sesama muslim. Insyallah kita dilahirkan dalam keadaan muslim dan mati pula dalam keadaan muslim. Insyallah!!! Saya punya masalah terkait penyaki hati2 yaitu was was iman. Saya terus berusaha melawanya. Karena keinginan uk sembuh, saya sering skali mencari literartur bacaan berkenaan dengan ini. Hingga pada suatu m
    Ketika, saya tanpa sengaja membaca literatur mengenai penghina Allah SWT. ASTAGHFIRULLAH, Bukan ilmu yang sya dapatkan tetapi saya seakan terbawa dengan bacaan itu. Didalam literatur bacaan itu ada admin yg bercerita tentang ia telah menghina ALLAH SWT. Dan mencari solusi uk kesembuhanya. Namun apa boleh dikata, saya seakan terbawa dengan bacaan itu, dan seakan akan saya juga menghina Allah. Padahal saya tidak inginkan pikiran itu. Dan itu sangat mengganggu sekali hingga terbawa dalam shalat. Minta solusinya. Apakah saya berdosa? Apakah shalay sya batal!? Atau apakah saya tidak islam lagi!? Trimakasih tolong jawabanya. Asalamuallaikum!!

Tinggalkan komentar