KITAB : ATH-THAHARAH / BERSUCI ; BAB :CONTOH WUDHU NABI SAW.

136. Abdullah bin Zaid r.a. ketika ditanya tentang wudhunya Nabi saw. ia minta timba berisi air, lalu ia wudhu, mencontohkan wudhu Nabi saw. Maka menuangkan air ke tangan dan membasuh kedua telapak tangan tiga kali, kemudian memasukkan tangan ke dalam timba lalu berkumur dan menghirup air dan mengeluarkannya dari hidung tiga kali, kemudian memasukkan tangan ke dalam air dan membasuh muka tiga kali, kemudian membasuh kedua tangan hingga siku dua kali, kemudian memasukkan tangan ke dalam air lalu mengusap kepalanya dari muka ke belakang satu kali, kemudian membasuh kedua kaki hingga mata kaki. (Bukhari, Muslim).

Diterbitkan oleh

raksadipa

Just Nobody who search Ridho Allah

6 tanggapan untuk “KITAB : ATH-THAHARAH / BERSUCI ; BAB :CONTOH WUDHU NABI SAW.”

    1. InsyaAllah dalam beberapa hari ke depan akan saya coba tulis semua Bab dalam Kitab Thaharah.
      Sekali lagi, di blog ini saya hanya menyalin apa yang ada dalam Buku Al-Lu’lu’ wal Marjan.
      Jadi, untuk keperluan ibadah harian saya kira kita tidak hanya berpedoman pada hadits yang ada di sini, tetapi juga harus mengacu kepada hadits shahih lainnya.

    2. To : rakean bagus minda raksadipa

      Please share Kumpulan hadist lengkap or alamat kumpulan hadist lengkap dengan perawi , sanat dan matan-nya yah…

      Brgds,

      Abdi Illah

      1. Mas Abdi, blog ini terinspirasi saat saya tidak menemukan web yang saya cari yang memuat kumpulan hadits secara lengkap.
        Dan saat saya mendapatkan buku Al Lu’lu’ wal Marjan ini, inspirasi itu menjadi terwujud dalam bentuk blog ini.
        InsyaAllah, ke depan, jika kitab ini sudah selesai semua disalin, saya akan coba cari kitab” lain yang berisi seperti apa yang Mas inginkan.

  1. assalamu’alakum..

    syukron bwt hadist2nya..
    tapi saya mau tanya, tentang tata cara berwudhu nabi, disana tidak ada keterangan tentang membasuh telinga..
    apa memang begitu???

    1. sepanjang yang saya tau, dari beberapa hadits riwayat lainnya, gerakan membasuh kepala itu satu kesatuan dengan membasuh telinga. dimulai dari kepala bagian depan, kedua tangan bergerak hingga ke arah tengkuk, kemudian berbalik lagi ke arah belakang telinga dan masing-masing tangan kemudian memutari masing-masing telinga dari arah telinga luar ke telinga bagian dalam.
      wallahu’alam.

Tinggalkan komentar