KITAB ZAKAT ; BAB : HUKUMAN BERAT BAGI YANG TIDAK MENUNAIKAN ZAKAT

575. Abu Dzar r.a. berkata: Aku datang kepada Nabi saw. yang sedang di bawah naungan Ka’bah sedang bersabda: Demi Tuhan Ka’bah merekalah yang rugi, demi Tuhan Ka’bah merekalah yang rugi. Maka aku bertanya pada diriku, apakah urusanku, mungkin tampak apa-apa padaku, lalu aku duduk, sedang hatiku diliputi berbagai macam pertanyaan sehingga bertanya: Siapakah mereka itu? Jawab Nabi saw.: Mereka yang banyak harta, kecuali yang mendermakan hartanya ke kanan, ke kiri, ke muka, ke belakang (untuk shadaqah). (Bukhari, Muslim).

576. Abu Dzar r.a. berkata: Aku datang kepada Nabi saw. sedang Nabi saw. bersabda: Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, atau: Demi Allah yang tiada Tuhan kecuali Dia, tiada seorang yang memiliki unta, lembu atau kambing lalu tidak menunaikan kewajiban zakatnya melainkan didatangkan pada hari kiamat sebesar, segemuk biasanya, lalu menginjak-injak pemiliknya dan menanduk dengan tanduknya, tiap sudah selesai yang terakhir diulang oleh yang pertama, sehingga selesai putusan orang-orang, lalu ditentukan ke surga atau neraka. (Bukhari, Muslim).

Diterbitkan oleh

raksadipa

Just Nobody who search Ridho Allah

5 tanggapan untuk “KITAB ZAKAT ; BAB : HUKUMAN BERAT BAGI YANG TIDAK MENUNAIKAN ZAKAT”

    1. Assalamu’alaikum wr.wb.
      Saat ini kapasitas saya baru hanya bisa menyalin.
      InsyaAllah setelah hadits Bukhari Muslim ini tersalin semua,
      akan saya coba lanjutkan dengan Asbabunuzul Hadits nya, agar kita bisa punya pemahaman yang komprehensif.
      link ke blog anti sudah saya tambahkan.
      Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah Ta’ala.
      wassalam

  1. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Segala yang baik itu datangnya dari Allah SWT
    Kita selalu mendapatkan Rahmat dan Rizki dari Allah SWT
    Pagi hari, usahakanlah untuk selalu memberikan kepada pengemis atau orang yang diperkirakan berhak untuk menerima uang walau hanya Rp.1000 atau Rp.2000 tapi akan jadi sangat berarti jika semua umat manusia mau melakukan hal itu.
    Amin

  2. Ya Allah,
    Engkau telah m’berikan nikmat padaku stiap waktu, sedang hamba b’buat maksiat setiap saat. Engkau telah melimpahkan risqi yang tiada henti, namun hamba jauh dari b’sedekah terhadap saudara-saudara kami.
    Ya Allah,
    Jangan biarkan hamba tersesat selamanya, hingga terputusnya nafas kami. Jangan biarkan hati kami membeku, keras bagai batu , sampai tertutupnya pintu taubat untuk ku.
    Engkau menunggu ku, sedang aku yang dungu menunggu_Mu.
    Ampunilah dosa-dosaku. amin.

Tinggalkan komentar