BAB: AL-MASIH ISA BIN MARYAM DAN AL-MASIH AD-DAJJAL

109.

جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهُسَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَمَّا كَذَّبَتْنِي قُرَيْشٌ قُمْتُ فِي الْحِجْرِ فَجَلَا اللَّهُ لِي بَيْتَ الْمَقْدِسِ فَطَفِقْتُ أُخْبِرُهُمْ عَنْ آيَاتِهِ وَأَنَا أَنْظُرُ إِلَيْهِ

Jabir bin Abdullah r.a. berkata: Aku telah mendengar Rasulullah saw. bersabda : Ketika tokoh-tokoh Quraisy mendustakan aku (tentang Isra Mi’raj), maka aku berdiri di hijir (Ismail), tiba-tiba Allah menampakkan kepadaku Baitul Maqdis, sehingga aku dapat memberitakan kepada mereka tanda-tandanya sambil aku terus melihatnya.  (Bukhari, Muslim)

Ditulis dalam HADITS, IMAN, ISLAM. 12 Comments »

12 Tanggapan to “BAB: AL-MASIH ISA BIN MARYAM DAN AL-MASIH AD-DAJJAL”

  1. Sindu Says:

    Sya bkan ingin berkomentar, tp supaya ada penjelasan disetiap hadist. Mhon mf atas kelancngan sya, sya hnya ingn tau agar bisa bnar2 fham.

    • Rendifrant Says:

      assalaamu’alaikum. sy pengunjung setia blog ini. alangkah baiknya bila dapat dishare, agar teman2 yang lain dapat kebagian ilmunya.

  2. arif Says:

    ini maksud nya gmn??????

  3. elfan Says:

    Ada beberapa hal yang perlu kajian, seperti baik tentang Dajjal, Al Mahdi ataupun Nabi Isa As. yang akan turun kembali ke bumi, pada dasarnya tidak ada dalam Al Quran.

    Dajjal sudah ada sejak manusia ada, seperti sejak terjadinya kasus pembunuhan antaranak-anak Adam As;

    Kalau kita mau teliti lbh lanjut Al Quran, maka sinya tentang istilah Al Mahdi atau Imam Mahdi, walaupun istilah ini tidak ada dalam Al Quran, sinyalnya sudah ada dan sudah datang sebagaimana diharapkan oleh Nabi Ibrahim As. dlm QS. 2:129 yakni harapan beliau (Ibrahim As) agar didatangkan seorang nabi pamungkas, penutup para nabi, ajarannya berlaku sampai akhir zaman.

    Dan, sesuai dengan perjalanan peradaban umat manusia yang sudah dianugerahi Allah SWT dengan beberapa nabi/rasul-Nya, maka sudah sepatutnya Allah SWT ‘menetapkan’ nabi pemungkas tersebut dan itulah Nabi kita Muhammad SAW (QS. 5:3 dan 33:40), inilah Al Mahdi yang sesungguhnya.

    Sedangkan tentang Nabi Isa As. yang ‘konon’ akan datang kembali ke dunia, ternyata dibantah oleh Al Quran sendiri, bahwa misi para rasul dan nabi terdahulu ya termasuk Nabi Isa As. sudah selesai dan dia tak akan diminta pertanggung jawaban atas nabi/rasul sesudahnya yakni Nabi Muhammad SAW (QS. 2:134 dan 141).

    Katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang GHAIB, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah PEMBERI PERINGATAN, dan PEMBAWA BERITA GEMBIRA bagi orang-orang yang beriman” (QS. 7:188)

  4. Dila Says:

    Siapakah dajjal ini sebenarnya??
    samakah dajjal dengan taghut2..
    ataukah dg orang-orang zalim,
    ataukah dg para nabi baru ??

  5. BIndus Abid Says:

    Aplikasi offline-nya ada gak?

  6. pongo Says:

    @dila : utk mengetahui siapakah dan apakah dajjal saya rekomendasikan buku “Dajjal Muncul dari Segitiga Bermuda” karangan Muhammad Isa Daud.

  7. asrol sani Says:

    Jadi bgaimana dng. adanya pandangan, bahwa nanti Nabi Isa turun ke bumi dan membunuh bagi umat yg. nabi Isa dianggap Tuhan.

  8. pongo Says:

    Bacalah hadits2 mengenai Dajjal, jumlahnya cukup banyak.. ada jg hadits mengenai Imam Mahdi dan turunnya nabi Isa as. Redaksinya sangat2 jelas. Bukankah Rasulullah prnah berpesan di khutbah terakhirnya bahwa beliau menganjurkan kita berpegang pada Al-Qur’an dan Hadits agar tdk sesat dan selamat di akhirat kelak? saya anjurkan mas Elfan mempelajari hadits2 sahih yg mengenai Imam Mahdi, Dajjal dan turunnya Isa as di akhir zaman nanti.

  9. pongo Says:

    @asrol sani : semuanya nanti akan muncul pada zaman yg sdh ditentukan Allah SWT. pelajari hadits2 sahih yg meriwayatkan turunnya nabi isa di akhir zaman nanti. Imam Mahdi adalah gerbang dari 10 tanda kiamat besar. Artinya, apabila nanti sudah tersiar kabar bahwa Imam Mahdi sudah keluar, bersiaplah dgn rentetan tanda kiamat besar yg lainnya (Dajjal, turunnya nabi Isa As, Yajuj Majuj, dll).

  10. gunawan Says:

    hmmmm…bingung aku,yang bner mn ne??
    tntang datangnya nabi isa lg

  11. adam Says:

    iya…. isa sesungguhnya akan di jadikan Saksi pada hari kiamat

    setelah Hari kiamat maka langsung di songsong oleh hari kebangkitan..

    ======================
    periksa aja diquran… surah An Nisaa’ 157-159

    ali – imran 55, dan maryam 33

    ======================

    dan periksa lah hadis ini :

    Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, (“NYARIS” / hampir)* akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta … HR Muslim dalam kitab Iman bab turunnya Isa)
    ———————————————————————
    *dibeberapa terjemahan hadis dikatakan nyaris dan hampir..
    Kata2 NYARIS…… itu di dalam terjemahan hadis yg lain adalah HAMPIR… ATAU HAMPIR SAJA…..=====> apakah sama dengan PASTI dan AKAN ???

    (dulu ada hadis yg lbh lengkap … krg lebih diterangkan,, sebab 2 mengapa rasul bersabda demikian…. al. krn Fitnah kafir ttg isa adalah tuhan)
    ————————————————————————–

    lalu bandingkan dg hadis ini :

    DARI HADIS BUKHARI, MUSLIM : KARYA MUHAMMAD FU’AD ABDUL BAQI :

    1861 : Ibn Ma’sud r.a. berkata : Aku telah mendengar Nabi SAW bersabda : sejahat2 manusia adalah orang yg mendapati hari kiamat sedang mereka masih hidup.

    1862 : Sahl bin Sa’ad r.a berkata : Aku telah melihat Rasulullah Saw. ketika menunjuk dengan kedua jarinya yg TENGAH dan TELUNJUKnya bersabda: Aku di utus di “saat dekat tibanya hari Kiamat” bagaikan ini ( dekatnya kedua jari ini)

    1863 : Anas r.a berkata : Nabi SAW bersabda : Aku diutus oleh ALLAH pada “saat yg sangat dekat dengan Hari Kiamat” bagaikan kedua jari ini.

    ===================================

    sadarilah saudara2 ku sekalian… sesungguhnya Kita ini telah hidup di Akhir Zaman…

    perhatikanlah hadis2 ttg Dajjal :

    1850: Abu Hurairah r.a berkata : Nabi SAW bersabda : Tidak akan tiba Hari kiamat sehingga Bangkit TIGA PULUH Dajjal Pendusta, semuanya Mengaku sebagai Rasulullah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: