BAB: ISLAM, HIJRAH, DAN HAJI DAPAT MENGHAPUS APA YANG TERJADI SEBELUMNYA

76. Ibnu Abbas r.a. berkata:  Ada beberapa orang musyrik yang telah banyak membunuh dan berzina datang bertanya kepada Nabi Muhammad saw. : Sesungguhnya yang engkau ajarkan itu baik, andaikan engkau dapat memberitahu bahwa ada jalan untuk menebus dosa-dosa yang telah kami perbuat?                      Maka turunlah ayat:  “Dan mereka yang tidak meminta kepada Tuhan yang lain selain Allah, dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan hak, dan tidak berzina.” (Q.S. Al-Furqan : 68)            dan ayat : “Katakanlah, hai hamba-hambak-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah.” (Q.S. Az-Zumar : 53).   (Bukhari, Muslim).

Lanjutan ayat Al-Furqan:  “Dan siapa yang berbuat semua itu tentu mendapat dosa. Akan dilipatgandakan siksa atasnya di hari kiamat, dan kekal dalam siksa terhina. Kecuali orang yang taubat dan beriman serta beramal saleh, maka untuk mereka Allah akan mengganti semua dosa mereka dengan kebaikan (kebaikan), dan Allah Maha Pengampun lagi Penyayang.” (Al-Furqan: 69-70).

Lanjutan ayat Az-Zumar: “Sesungguhnya Allah dapat mengampuni semua dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Penyayang.” (Az-Zumar: 53)

7 Tanggapan to “BAB: ISLAM, HIJRAH, DAN HAJI DAPAT MENGHAPUS APA YANG TERJADI SEBELUMNYA”

  1. sugito Says:

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Penulis yang terhormat saya mau tanya, mohon dijelaskan secara rinci tentang tafsir maksud ayat yang menjelaskan tentang Bab Dosa, dan bagaimana dengan orang muslim yang telah melakukan dosa tersebut apakah tidak akan mendapat ampunan dar Allah SWT, terimakasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb

    • rakean bagus minda raksadipa Says:

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,
      sahabat, sebelumnya mohon maaf, saya hanya orang biasa yg belum punya ilmu agama yg memadai, jadi saya coba jawab dengan apa yang saya tau.
      sahabat, jika kita lihat pada hadits-hadits terdahulu, hadits no 53 s.d. 60, di situ disampaikan bahwa intinya, selama seorang muslim tidak melakukan dosa-dosa besar, dan terutama tidak syirik terhadap Allah, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa muslim tersebut.
      Sesungguhnya Allah dapat mengampuni semua dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Penyayang. (Az-Zumar: 53)
      wallahu’alam bisshawab

      wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  2. bayu Says:

    asswrwb
    saya mau bertanya
    apakah membunuh, berzina tdk termasuk dosa besar? dan dosa apa yang tidak di ampuni oleh allah swt

    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  3. M.Noor Rivai Says:

    zina dan membunuh orang adalah dosa besar.zina ada yg mengatakan hanya dirajam sampai mati saja yg dapat menghapuskan dosanya.adapun dosa yg tiada terampuni adalah dosa syirik

  4. Ali bin Musleman Says:

    dosa-dosa besar dapat diampuni dengan taubat nasuha sebelum masa tobat itu tidak diterima lagi, misalnya saat sakratul maut, terbitnya matahari dr barat dll. jangan pernah berputus asa dr pengampunan Allah, berprasangka baiklah thp Allah, perbanyak istighfar dan taubat, perbanyak amal shalih. sebagaimana dlm hadits shahih tentang orang yg membunuh 99 orang dan menjadi genap 100, tetapi karena ia mau bertaubat, maka diukur jarak antara negeri tempat maksiat dan negeri tempat ia ingin bertaubat. wallohu a’lam

  5. jannatul aulia Says:

    asssalamualaikum wr.wb
    saya mau nanya.diatas ada dikatakan bahwa hanya dgn dirajam saja dosa zina dpt diampunkan.apakah dengan tidak dirajam,dosa tsb tidak dpt diampunkan?mohon disertakan hadist shahih na.
    wassalam

  6. karebet Says:

    knapa di zaman nabi stiap yg dketahui berzina dihukumi rajam?
    jk ad cara lain untk mnebus dosa zina niscaya nabi tdk akn memilih hukuman rajam,.
    dn perlu kt ingat,hukuman itu brlaku hnya bagi mrka yg melakukan (zina)stlah masuk islam dn mngerti hukum dlm islam,jk dosa2 itu dilakukan sblum msk islam,dosa2 itu akn dihapuskn stlah masuk islam dn amal-kbaikanya saat msh kafir akn dicatat sbg pahala,itulah kmurahan allah bagi mrk yg mau masuk islam(mu’alaf),.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: